Sabtu, 29 September 2012

B. LAYANAN ONLINE


Media internet semakin berkembang pesat dari waktu ke waktu. Saat ini banyak sekali layanan yang dibuat dalam media internet. Dengan akses yang mudah, layanan-layanan seperti ini sering dikunjungi banyak pengguna jasa internet. Pelayanan yang biasa digunakan melalui media internet sering disebut sebagai Layanan Online atau Layanan Elektronik.

Berikut ini kita kaji ulasan mengenai Layanan Online atau Layanan Elektronik .

Sistem Layanan Elektronik atau Layanan Online ( Electronic Services disingkat E-Services) merupakan satu aplikasi terkemuka memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di daerah yang berbeda. Namun, definisi yang tepat dari layanan elektronik sulit didapat sebagian peneliti telah menggunakan definisi yang berbeda untuk menggambarkan layanan elektronik. Meskipun definisi ini berbeda, dapat dikatakan bahwa mereka semua sepakat tentang peran teknologi dalam memfasilitasi pelayanan yang membuat mereka lebih dari layanan elektronik.

Menurut Rowley (2006) layanan elektronik di definisikan sebagai: "... perbuatan, usaha atau pertunjukan yang pengiriman di mediasi oleh teknologi informasi. Layanan elektronik tersebut meliputi unsur layanan e-tailing, dukungan pelanggan, dan pelayanan ". Definisi ini mencerminkan tiga komponen utama- penyedia layanan, penerima layanan dan saluran pelayanan (yaitu,teknologi). Misalnya, sebagai yang bersangkutan untuk layanan elektronik publik, badan publik adalah penyedia layanan dan warga negara serta bisnis penerima layanan. Saluran pelayanan adalah persyaratan ketiga dari layanan elektronik. Internet adalah saluran utama dari layanan elektronik pengiriman sementara saluran klasik lainnya juga dipertimbangkan.(misalnya telepon, call center, kios publik, telepon genggam, televisi).

Manfaat Layanan Online adalah sebagai berikut :
1.       Mengakses basis pelanggan yang lebih besar
2.       Memperluas jangkaun pasar
3.       Menurunkan penghalang masuk ke pasar dan biaya mendapatkan pelanggan baru
4.       Alternatif saluran komunikasi ke pelanggan
5.       Meningkatkan pelayanan kepada pelanggan

Layanan elektronik merupakan layanan online yang tersedia di Internet, dimana transaksi
yang valid untuk membeli dan menjual (pengadaan) adalah mungkin, sebagai lawan dari
website tradisional, dimana hanya informasi deskriptif yang tersedia, dan tidak ada transaksi
online adalah dimungkinkan.


Sumber Artikel :
1.       http://id.wikipedia.org
3.       www.scribd.com
4.       http://carapedia.com
6.       http://termwiki.com
9.       http://id.pdfsb.com







Tidak ada komentar:

Posting Komentar