Minggu, 30 September 2012

F. Search Engine


Sering melakukan browsing dengan internet ?

Pasti user sering menemukan beberapa halaman dimana user dapat mengetikan sesuatu kata untuk menemukan data dan informasi dari kata yang diinput. Yup, halaman yang biasa digunakan user untuk mencari informasi itu dinamakan Search Engine atau Mesin Pencari. Untuk mengetahui dan mengenal lebih jauh tentang Search Engine, akan dibahas dalam artikel dibawah ini. Check this out …J

Mesin Pencari atau Search Engine adalah suatu program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis ataupun news group. Search Engine merupakan perangkat pencari informasi dari dokumen-dokumen yang tersedia. Hasil pencarian pada umumnya ditampilkan dalam sebuah bentuk daftar yang seringkali diurutkan berdasarkan tingkat akurasi atau rasio pengunjung atas suatu berkas yang disebut dengan hits. Informasi yang menjadi target pencarian biasanya disajikan dalam berbagai jenis berkas seperti halaman situs web, gambar ataupun jenis berkas lainnya.

Sebagian mesin pencari dijalankan oleh perusahaan swasta yang menggunakan algoritma kepemilikan dan basis data tertutup. Diantaranya yang paling popular adalah Google (MSN Search dan Yahoo). Telah ada beberapa upaya menciptakan mesin pencari dengan sumber terbuka (open source), contohnya Htdig, Nutch, Egothor, dan OpenFTS.

Sejarah perkembangan Search Engine

Saat awal perkembangan Internet, Tim Barnes-Lee membuat sebuah situs web yang berisikan daftar situs web yangb ada diinternet melalui peladen web CERN. Mesin pencari lainnya seperti Aliweb muncul ditahun1993 dan masih berjalan hingga kini. Salah satu mesin pencari pertama yang sekarang berkembang menjadi usaha komersial yang cukup besar adalah Lycos yang dimulai di Carnegie Mellon University sebagai proyek riset tahun 1994.

Segera setalah itu banyak bermunculan mesin pencari dan bersaing memperebutkan popularitas. Termasuk diantaranya adalah WebCrawler, Hotbot, Excite, Infoseek, Inktomi, dan AltaVista. Masing-masing bersaing dengan menambah layanan seperti yang dilakukan Yahoo.

Contoh-contoh Search Engine

a.       Google

Muncul pada akhir tahun 1997, dimana Google memasuki pasar yang telah diisi oleh para pesaing lain dalam penyediaan layanan pencari seperti Yahoo, Hotbot, AltaVista dimana perusahaan tersebut mengklaim  sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang pelayanan dan pencarian di internet. Saat tingginya persaingan antar mesin yang ada, namun mesin pencari yang lain tidak dapat mengalahi kesuksesan Google. Dimana Google mampu menembus liga besar dan dipandang sebagai mesin pencari utama sampai hari ini.

b.       Yahoo

Yahoo raja directori di internet disamping para pengguna internet melihat DMOZ serta LookSmart  berusaha menurunkannya dari posisi puncak tersebut. Akhir-akhir ini telah tumbuh secara cepat dalam ukurannya, mereka pun sudah memiliki harga dan mudah untuk memasukinya dengan demikian mendapatkan sebuah daftar  pada directori Yahoo yang memilii nilai tinggi.

                Manfaat Search Engine

1.       Mesin pencari merupakan tempat kebanyakan orang mencari sesuatu via internet

2.    Sebagian besar pengguna mesin pencari tidak pernah melewatkan dua halaman pertama dari mesin pencari

3.       Sebagian besar (hampir 70%) pengguna mesin pencari tidak pernah klik pada hasil pilihan sponsor

4.       Memudahkan masyarakat dalam mencari informasi via Internet

Nah, seperti inilah sekilas ulasan mengenai Search Engine. Semoga dengan adanya Search Engine ini, para pengguna semakin mudah mendapatkan informasi yang mereka inginkan dalam waktu yang cepat dan singkat.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar