Minggu, 30 September 2012

G. CHATTING



Gak aneh dong denger berbagai macam jejaring sosial yang kini ramai  diakses oleh para pengguna jasa Internet ?

Facebook, Yahoo Messanger dan berbagai jenisnya kini semakin berkembang pesat dan digandrungi oleh para pengguna jasa internet. Tidak hanya untuk kawula muda saja, tapi golongan orang dewasa pun seperti keranjingan dengan berbagai akun jejaring sosial ini. Salah satu fitur yang disukai oleh para pengguna internet adalah chatting. Melalui chatting para pengguna dapat saling mengobrol lewat dunia maya dengan berbagai orang dibelahan dunia manapun. And now, kita bahas yuk apa si sebenarnya chatting itu dan pengaruh baik buruknya buat pengguna . Enjoy with this article J

Chatting adalah suatu feature/program dalam internet untuk berkomunikasi secara langsung sesame pengguna internet yang sedang online (sedang sama-sama menggunakan internet). Komunikasi bisa dapat berupa teks (text chat) dan suara (voice chat). Pengguna dapat mengirim pesan dalam bentuk teks atau suara kepada sesame pengguna yang sedang online.

Dengan chatting kita dapat mengobrol apa saja mulai dari pekerjaan kantor, persahabatan, perkuliahan, pelajaran, percintaan, bahkan sampai hal-hal pribadi sekalipun. Saking bebasnya terkadang membuat chatter-chatter kebablasan tanpa control yang membuat chatter lainnya marah atau tersinggung.

Tips dan Trik saat melakukan chatting di Internet :

Harus sopan. Siapapun partner chatting kita baik dikenal ataupun tidak, usahakan selalu bersikap sopan.

Jangan memaksakan kehendak. Apapun alasan partner chatting kita apabila dia tidak mau menjawab chat kita maka kita tidak boleh memaksakan kehendak.

Harus jujur. Usahakan untuk selalu menuliskan sesuatu dengan jujur.

Jangan suka menggangu dengan iseng walaupun partner telihat sedang online.

Jangan pernah membawa SARA

Ucapkan salam

Berikut ini adalah beberapa hal tentang aplikasi chatting :

a.    Real Time. Aplikasi chatting dijelaskan sebagai suatu aplikasi yang memungkinkan pengguna berkomunikasi tekstual secara langsung dengan pengguna lain.

b.       Nickname. Pengguna harus memasukkan nickname (tanpa password) sebagai identifikasi unik dalam sistem. Nickname tersebut berlaku dan dikenali oleh sistem selama masa sesi pengaksesan.

c.        Public Room.  Komunikasi berlangsung dalam sebuah ruang chatting virtual (public room) yang berisi banyak orang.

d.      Send Message. Pengguna dapat mengetikkan percakapan pada suatu area pengetikkan pesan dan menekan sebuah tombol (atau ENTER) untuk megirimkan teks tersebut.

e.       Auto refresh. Area tampilan percakapan otomatis diupdate selama beberapa detik sekali (dan pada saat pengguna mengirimkan pesan baru)

Beberapa contoh chatting :

a.        YM (Yahoo Messanger)

b.       mIRC

Dampak positif dari chatting :

a.        Sarana murah dan mudah

b.       Sarana berkonsultasi dengan mudah

c.        Sarana berhubung dengan pakar

d.       Bisa menambah wawasan

e.       Mendapatkan teman baru

f.         Sebagai sarana dan diskusi

Dampak negative dari chatting :

a.        Mengobrol yang senonoh

b.       Terkena virus

c.        Rematik dan otot pegal

d.       Kecanduan chatting

e.       Berhubungan dekat dengan orang yang tidak dikenal

Melakukan chatting ini tergantung orangnya. Jika terjadi kecanduan segera atasi dengan menjadwalkan keuangan. Chatting sendiri bukan sarana komunikasi tetapi hanya sebagai media komunikasi.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar