Minggu, 30 September 2012

H. Nettiquete


Netiquette merupakan etika dalam menggunakan Internet. Internet sebagai sebuah kumpulan komunitas, diperlukan aturan yang akan menjadi acuan orang-orang sebagai pengguna Internet, dimana aturan ini menyangkut batasan dan cara yang terbaik dalam memanfaatkan fasilitas Internet.
Sebenarnya Nettiquette in adalah hal yang umum dan biasa, sama hal nya dengan aturan-aturan biasa ketika kita memasuki komunitas umum dimana informasi sangat banyak dan terbuka.
Beberapa aturan yang ada pada Nettiquete ini adalah:
1.      Amankan dulu diri anda, maksudnya adalah amankan semua properti anda, dapat dimulai dari mengamankan computer anda, dengan memasang anti virus atau personal firewall
2.      Jangan terlalu mudah percaya dengan Internet, sehingga anda dengan mudah mengunggah data pribadi anda. dan anda harus betul-betul yakin bahwa alamat URL yang anda tuju telah dijamin keamanannya.
3.      Dan yang paling utama adalah, hargai pengguna lain di internet, caranya sederhana yaitu,:
a. jangan biasakan menggunakan informasi secara sembarangan, misalnya plagiat.
b. jangan berusaha untuk mengambil keuntungan secara ilegal dari Internet, misalkan melakukan kejahatan pencurian no kartu kredit
c. jangan berusaha mengganggu privasi orang lain, dengan mencoba mencuri informasi yang sebenarnya terbatas.
d. jangan menggunakan huruf kapital terlalu banyak, karena menyerupai kegiatan teriak-teriak pada komunitas sesungguhnya.
e. jangan flamming (memanas-manasi), trolling (keluar dari topik pembicaraan) ataupun junking (memasang post yang tidak berguna) saat berforum.
Fungsi Nettiquete yaitu sebagai seperangkat pedoman umum yang dapat membuat komunikasi internet yang berguna dan sipil. Misalnya, mengirimkan puluhan surat berantai e-mail ke teman mungkin tampak pengalihan yang menyenangkan, tetapi dapat menjadi menjengkelkan ke orang yang menerima mereka. Megirim volume besar e-mail impersonal atau pesan lain kepada orang lain sering dikenal sebagai spam atau sering disukai. Ada aturan umum tertentu seperti mengirim spam yang umumnya dianggap etiket buruk dalam berinternet. Namun komunitas online tertentu mungkin memiliki budaya mereka sendiri dan standar etiket.
Manfaat dari Nettiquette adalah dapat mencegah orang dari mengirimkan komunikasi perlu yang dapat membuang-buang waktu oang lain. Hal ini juga dapat mencegah orang dari posting konten yang tidak patut atau jelek di internet.

Sumber Artikel :
1.       http://id.wikipedia.org
2.       www.albion.com
3.       www.networketiquette.com
8.       http://kutubuku.web.id


 


G. CHATTING



Gak aneh dong denger berbagai macam jejaring sosial yang kini ramai  diakses oleh para pengguna jasa Internet ?

Facebook, Yahoo Messanger dan berbagai jenisnya kini semakin berkembang pesat dan digandrungi oleh para pengguna jasa internet. Tidak hanya untuk kawula muda saja, tapi golongan orang dewasa pun seperti keranjingan dengan berbagai akun jejaring sosial ini. Salah satu fitur yang disukai oleh para pengguna internet adalah chatting. Melalui chatting para pengguna dapat saling mengobrol lewat dunia maya dengan berbagai orang dibelahan dunia manapun. And now, kita bahas yuk apa si sebenarnya chatting itu dan pengaruh baik buruknya buat pengguna . Enjoy with this article J

Chatting adalah suatu feature/program dalam internet untuk berkomunikasi secara langsung sesame pengguna internet yang sedang online (sedang sama-sama menggunakan internet). Komunikasi bisa dapat berupa teks (text chat) dan suara (voice chat). Pengguna dapat mengirim pesan dalam bentuk teks atau suara kepada sesame pengguna yang sedang online.

Dengan chatting kita dapat mengobrol apa saja mulai dari pekerjaan kantor, persahabatan, perkuliahan, pelajaran, percintaan, bahkan sampai hal-hal pribadi sekalipun. Saking bebasnya terkadang membuat chatter-chatter kebablasan tanpa control yang membuat chatter lainnya marah atau tersinggung.

Tips dan Trik saat melakukan chatting di Internet :

Harus sopan. Siapapun partner chatting kita baik dikenal ataupun tidak, usahakan selalu bersikap sopan.

Jangan memaksakan kehendak. Apapun alasan partner chatting kita apabila dia tidak mau menjawab chat kita maka kita tidak boleh memaksakan kehendak.

Harus jujur. Usahakan untuk selalu menuliskan sesuatu dengan jujur.

Jangan suka menggangu dengan iseng walaupun partner telihat sedang online.

Jangan pernah membawa SARA

Ucapkan salam

Berikut ini adalah beberapa hal tentang aplikasi chatting :

a.    Real Time. Aplikasi chatting dijelaskan sebagai suatu aplikasi yang memungkinkan pengguna berkomunikasi tekstual secara langsung dengan pengguna lain.

b.       Nickname. Pengguna harus memasukkan nickname (tanpa password) sebagai identifikasi unik dalam sistem. Nickname tersebut berlaku dan dikenali oleh sistem selama masa sesi pengaksesan.

c.        Public Room.  Komunikasi berlangsung dalam sebuah ruang chatting virtual (public room) yang berisi banyak orang.

d.      Send Message. Pengguna dapat mengetikkan percakapan pada suatu area pengetikkan pesan dan menekan sebuah tombol (atau ENTER) untuk megirimkan teks tersebut.

e.       Auto refresh. Area tampilan percakapan otomatis diupdate selama beberapa detik sekali (dan pada saat pengguna mengirimkan pesan baru)

Beberapa contoh chatting :

a.        YM (Yahoo Messanger)

b.       mIRC

Dampak positif dari chatting :

a.        Sarana murah dan mudah

b.       Sarana berkonsultasi dengan mudah

c.        Sarana berhubung dengan pakar

d.       Bisa menambah wawasan

e.       Mendapatkan teman baru

f.         Sebagai sarana dan diskusi

Dampak negative dari chatting :

a.        Mengobrol yang senonoh

b.       Terkena virus

c.        Rematik dan otot pegal

d.       Kecanduan chatting

e.       Berhubungan dekat dengan orang yang tidak dikenal

Melakukan chatting ini tergantung orangnya. Jika terjadi kecanduan segera atasi dengan menjadwalkan keuangan. Chatting sendiri bukan sarana komunikasi tetapi hanya sebagai media komunikasi.


 

F. Search Engine


Sering melakukan browsing dengan internet ?

Pasti user sering menemukan beberapa halaman dimana user dapat mengetikan sesuatu kata untuk menemukan data dan informasi dari kata yang diinput. Yup, halaman yang biasa digunakan user untuk mencari informasi itu dinamakan Search Engine atau Mesin Pencari. Untuk mengetahui dan mengenal lebih jauh tentang Search Engine, akan dibahas dalam artikel dibawah ini. Check this out …J

Mesin Pencari atau Search Engine adalah suatu program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis ataupun news group. Search Engine merupakan perangkat pencari informasi dari dokumen-dokumen yang tersedia. Hasil pencarian pada umumnya ditampilkan dalam sebuah bentuk daftar yang seringkali diurutkan berdasarkan tingkat akurasi atau rasio pengunjung atas suatu berkas yang disebut dengan hits. Informasi yang menjadi target pencarian biasanya disajikan dalam berbagai jenis berkas seperti halaman situs web, gambar ataupun jenis berkas lainnya.

Sebagian mesin pencari dijalankan oleh perusahaan swasta yang menggunakan algoritma kepemilikan dan basis data tertutup. Diantaranya yang paling popular adalah Google (MSN Search dan Yahoo). Telah ada beberapa upaya menciptakan mesin pencari dengan sumber terbuka (open source), contohnya Htdig, Nutch, Egothor, dan OpenFTS.

Sejarah perkembangan Search Engine

Saat awal perkembangan Internet, Tim Barnes-Lee membuat sebuah situs web yang berisikan daftar situs web yangb ada diinternet melalui peladen web CERN. Mesin pencari lainnya seperti Aliweb muncul ditahun1993 dan masih berjalan hingga kini. Salah satu mesin pencari pertama yang sekarang berkembang menjadi usaha komersial yang cukup besar adalah Lycos yang dimulai di Carnegie Mellon University sebagai proyek riset tahun 1994.

Segera setalah itu banyak bermunculan mesin pencari dan bersaing memperebutkan popularitas. Termasuk diantaranya adalah WebCrawler, Hotbot, Excite, Infoseek, Inktomi, dan AltaVista. Masing-masing bersaing dengan menambah layanan seperti yang dilakukan Yahoo.

Contoh-contoh Search Engine

a.       Google

Muncul pada akhir tahun 1997, dimana Google memasuki pasar yang telah diisi oleh para pesaing lain dalam penyediaan layanan pencari seperti Yahoo, Hotbot, AltaVista dimana perusahaan tersebut mengklaim  sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang pelayanan dan pencarian di internet. Saat tingginya persaingan antar mesin yang ada, namun mesin pencari yang lain tidak dapat mengalahi kesuksesan Google. Dimana Google mampu menembus liga besar dan dipandang sebagai mesin pencari utama sampai hari ini.

b.       Yahoo

Yahoo raja directori di internet disamping para pengguna internet melihat DMOZ serta LookSmart  berusaha menurunkannya dari posisi puncak tersebut. Akhir-akhir ini telah tumbuh secara cepat dalam ukurannya, mereka pun sudah memiliki harga dan mudah untuk memasukinya dengan demikian mendapatkan sebuah daftar  pada directori Yahoo yang memilii nilai tinggi.

                Manfaat Search Engine

1.       Mesin pencari merupakan tempat kebanyakan orang mencari sesuatu via internet

2.    Sebagian besar pengguna mesin pencari tidak pernah melewatkan dua halaman pertama dari mesin pencari

3.       Sebagian besar (hampir 70%) pengguna mesin pencari tidak pernah klik pada hasil pilihan sponsor

4.       Memudahkan masyarakat dalam mencari informasi via Internet

Nah, seperti inilah sekilas ulasan mengenai Search Engine. Semoga dengan adanya Search Engine ini, para pengguna semakin mudah mendapatkan informasi yang mereka inginkan dalam waktu yang cepat dan singkat.

 

Sabtu, 29 September 2012

E. E-mail


Apakah anda senang berkirim informasi melalui E-mail ? Tahu apa itu E-mail ?

Jika masih ragu apa itu E-mail, yuk cari tahu dari artikel ini J


E-mail adalah surat melalui media elektronik. Dimana E-mail itu merupakan sebuah kata singkatan dari “Electronic Mail”. Melalui E-mail kita dapat mengirim surat elektronik baik berupa teks maupun yang disertai gambar, yang dikirimkan dari satu alamat e-mail ke alamat e-mail yang lain pada jaringan internet.

Disamping itu, e-mail memiliki banyak kelebihan dalam penggunaannya, berikut ini beberapa kelebihan penggunaan e-mail :

1.       Nyaman. Untuk berkirim surat kita tidak harus datang ke kantor pos, karena kini sudah ada e-mail yang dapat mengirim dengan cepat.

2.   Cepat. Hanya dalam hitungan detik, informasi yang dikirim lewat e-mail langsung samoai dibelahan dunia manapun

3.       Murah. Biaya pengiriman relative sangat murah dibandingkan penggunaan telepon atau surat

4.   Global. E-mail bisa digunakan oleh siapa saja, dimana saja dan kapan saja sebagai sarana komunikasi dipenjuru dunia

5.       Reliable. Kita dapat menyimpan e-mail di server yang tidak akan hilang kecuali dihapus

Dibalik kelebihan dari kemampuan tekhnologi tidak luput dari kekurangan yang ada didalam tekhnologi tersebut. Berikut ini beberapa kelemahan dari E-mail :

1.    Salah kirim. Bila e-mail berisikan dokumen-dokumen penting salah alamat, maka ada kemungkinan dokumen tersebut disalahgunakan

2.           Rawan penyadapan. Ada kemungkinan e-mail disadap oleh oknum-oknum tertentu

3.     Sampah e-mail. Banyak sekali sampah e-mail (junkmail) yang berupa iklan komersial yang tidak diharapkan

4.       Respon terlambat. Tidak semua orang membaca e-mail setiap hari jadi kemungkinan akan ada keterlambatan balasan

Sejarah email
Surat elektronik sudah mulai dipakai di tahun 1960-an. Pada saat itu Internet belum terbentuk, yang ada hanyalah kumpulan komputer yang terbentuk sebagai jaringan.

Konsep e-mail sendiri pertama kali dikemukan oleh Ray Tomlinson, seorang computer engineer pada akhir tahun 1971. Ray Tomlinson saat itu bekerja pada Bolt, Beranek and Newman (BBN) milik lembaga pertahanan Amerika.

Awalnya Ray bereksperimen dengan sebuah program yang bernama SNDMSG yang bisa digunakan untuk meninggalkan pesan pada sebuah komputer, sehingga orang lain yang memakai komputer itu dapat membaca pesan yang ditinggalkan. Lalu ia melanjutkan eksperimennya dengan menggunakan file protocol yang bernama CYPNET sehingga program SNDMSG tadi bisa mengirim pesan ke komputer lain yang berada di dalam jaringan ARPAnet. Itulah awal terciptanya sebuah ‘e-mail’. Pesan e-mail yang pertama kali dikirim Ray, dan merupakan e-mail yang pertama di dunia adalah “QWERTYUIOP”.

Pada tahun 1972, Ray mengenalkan icon ‘ @ ‘ sebagai identitas e-mail untuk memisah user id dan domain sebuah alamat e-mail, yang berarti “at” atau “pada”.

Istilah-istilah yang sering digunakan dalam menggunakan e-mail adalah :
1. Sign Up : Mendaftarkan diri (menjadi member)
2. Sign In : Pemilik e-mail dapat masuk ke e-mailnya sendiri apabila sudah terdaftar (menjadi member)
3. Compose : Menulis surat baru
4. Inbox : Surat yang masuk ke pemilik e-mail
5. To : Surat akan dikirim ke alamat e-mail yang dituju
6. CC : Surat dikirim secara berantai ke alamat lain
7. BCC : Surat dikirim ke alamat yang dituju tanpa memberi tahu pemilik alamat yang tercantum di alamat CC
8. Draft : Surat yang ditulis tapi belum dikirim
9. Sent : Surat yang terkirim
10. Spam : Surat yang berisi kata-kata yang tidak baik/menganggu
11. Reply : Membalas surat yang diterima
12. Trash : Melihat e-mail yang telah dihapus
13. Bulk : Melihat e-mail yang dicurigai sebagai spam
14. Forward : Meneruskan surat yang diterima untuk disampaikan kepada orang lain
15. Attachment : Fasilitas pada sebuah program e-mail baik program komputer maupun webmail yang dapat digunakan untuk mengirimkan file, atau gambar, yang di ikutsertakan pada e-mail yang akan di kirim.

E-mail kini telah menjadi kebutuhan bagi kaum pengguna internet. Tidak hanya sebagai kebutuhan melainkan e-mail sudah menjadi bagian hidup dari kelangsungan kegiatan mereka. 


D. Tentang World Wide Web (WWW)


Banyak diantara kita yang masih kurang tahu banyak tentang apa itu WWW yang biasa digunakan di internet. WWW atau (World Wide Web) adalah suatu ruang informasi yang yang dipakai oleh pengenal global yang disebut Uniform Resource Identifier.

 ( World Wide Web ) adalah suatu ruang informasi yang yang dipakai oleh pengenal global yang disebut Uniform Resource Identifier (URI) untuk mengidentifikasi sumber-sumber daya yang berguna. WWW sering dianggap sama dengan Internet secara keseluruhan, walaupun sebenarnya ia hanyalah bagian daripadanya.

Sejarah WWW atau World Wide Web

WWW atau World Wide Web adalah suatu program yang ditemukan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991. Awalnya Berners-Lee hanya ingin menemukan cara untuk menyusun arsip-arsip risetnya. Untuk itu, dia mengembangkan suatu sistem untuk keperluan pribadi. Sistem itu adalah program peranti lunak yang diberi nama Equire. Dengan program itu, Berners-Lee berhasil menciptakan jaringan terkait antara berbagai arsip sehingga memudahkan informasi yang dibutuhkan. Inilah yang kemudian menjadi dasar dari sebuah revolusi yang dikenal sebagai web.

WWW dikembangkan pertama kali di Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa (CERN), Jenewa, Swiss. Pada tahun 1989 Berners-lee membuat proposal untuk proyek pembuatan hypertext secara global, kemudian pada bulan Oktober 1990, ‘World Wide Web‘ sudah bisa dijalankan dalam lingkungan CERN. Pada musim panas tahun 1991, WWW resmi digunakan secara luas pada jaringan Internet.

Fungsi www

Fungsi WWW adalah menyediakan data dan informasi untuk dapat digunakan bersama. WWW diciptakan dengan tujuan untuk menyediakan suatu bentuk penyediaan informasi di internet yang menungkinkan pemakai intenet mendapatkan dan menampilan informasi di mana saja  di internet secara mudah dan cepat.

Jika kita pelajari lebih lanjut, sebenarnya WWW merupakan kumpulan dokumen yang tersimpan di server web. Dan sebagai tambahan informasi, server tersebar di hampir semua benua di dunia. Di indonesia pun kita juga mempunyai server internet.

Dokumen-dokumen tersebut dibuat di disimpan dalam format HTML (Hypertext Markup Language). Suatu halaman dokumen informasi dapat terdiri atas teks yang saling terkait dengan teks lainnya atau bahkan dengan dokumen lain, misalnya suara, video, gambar dll. Keterkaitan halaman lewat teks ini disebut sebagai link atau dalam terjemahan indonesianya disebut sebagai pranala.  

Tidak dipungkiri bahwa WWW adalah bagian yang cukup menarik dari internet. Melalui web, para pengguna dapat mengakses informasi-informasi yang tidak hanya berupa teks tetapi bisa juga berupa gambar, video, suara dan lain-lain. Jadi dapat disimpulkan bahwa pengertian WWW adalah sekelompok dokumen yang saling bertautan. Para pengguna bisa berpindah dari satu dokumen ke dokumen lainnya dengan mudah dengan link.


Sumber Artikel :

1.       Darma, Jarot S , Shenia A .2009. Buku Pintar Menguasa Internet. Jakarta : MediaKita

2.       www.niamz.cpm

3.       http://ewawan.com

4.       http://komputer-singkatpadat.com

5.       www.internet.artiklez.com

6.       www.otakatik.com

7.       http://adibowo.com

8.       http://blog.uad.ac.id

9.       http://arifinbastra.blogspot.com

10.   http://blog.re.or.id