Selasa, 06 Desember 2011

AYO, INDONESIA BISA !

Indonesia Raya merdeka, merdeka
Tanahku negeriku yang kucinta
Indonesia Raya merdeka, merdeka
Hiduplah Indonesia Raya …


                   Mungkin kutipan lagu ‘Indonesia Raya’ diatas sering berkumandang pada beberapa minggu yang lalu. Bukan dalam rangka upacara bendera, melainkan berhasilnya para punggawa-punggawa garuda mengharumkan nama bangsa dalam cabang olahraga.
                   Ya, perhelatan akbar olahraga se-Asia Tenggara atau biasa disebut Sea Games, beberapa minggu lalu telah berlangsung. Pesta olahraga ASEAN tersebut berlangsung di Jakarta-Palembang dan tak lain dan tak bukan hajat tersebut berlangsung di Indonesia.
                   Sea Games ke-26 kali ini memberikan kepercayaan kepada Indonesia untuk menjadi tuan rumah. Tentu saja hal ini memberikan kebanggaan bagi bangsa Indonesia karena dipercaya kembali untuk menyelenggarakan perhelatan akbar ini. Sebagai tuan rumah yang baik, tentu kita ingin menyambut tamu-tamu yang dating dari Negara lain dengan sebaik-baiknya. Oleh karena itu, jauh sebelum pesta akbar ini dimulai, pemerintah dan panitia pelaksana merencanakan membangun fasilitas-fasilitas yang memadai bagi pelaksanaan Sea Games. Salah satu rencana pembangunan yang dicanangkan adalah Wisma Atlet di Palembang. Sayang, proyek besar ini harus tertunda akibat kasus pidana korupsi yang melibatkan orang-orang yang memang bertanggung jawab terhadap proyek ini.
                   Opening Ceremony Sea Games pun berlangsung sangat meriah dan megah. Acara yang dilaksanakan di Stadion Jaka Baring Palembang dan dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono disebut-sebut sebagai pembukaan termegah sepanjang pelaksanaan Sea Games. Namun ada hal yang menyebabkan pelaksanaan Sea Games kali ini mendapat nilai minus. Yaitu, masih banyak venu-venue yang belum diselesaikan dengan rapi.Disamping juga terdapat venue yang lokasinya sulit ditempuh. Karena hal ini, banyak atlet peserta dari beberapa negara meegeluh. Bahkan media massa di Filipina berani menyebutkan bahwa pelaksanaan Sea Games kali ini buruk.
Namun dari segala macam kekurangan dan kekecewaan, ada secercah cahaya kebahagiaan bagi bangsa Indonesia. Kebahagiaan dan kebanggaan yang dihadiahkan oleh para atlet-atlet Indonesia yang berhasil mengharumkan nama bangsa dalam event ini. Sejak hari pertama digelar, kontingen Indonesia sudah memimpin klasemen perolehan medali. Begitu pula dihari berikutnya, medali-medali it uterus mengalir untuk Indonesia. Cabang olahraga seperti karate, renang, atletik, bulu tangkis, sepatu roda dsb. sukses mendulang medali emas terbanyak. Sayang medali emas belum juga dating dari cabang sepak bola yang sudah 20 tahun hilang dari genggaman. Namun perjuangan Timnas Garuda sangat luar biasa dalam Sea Games kali ini.
                   Dengan perolehan 182 medali emas, Indonesia berdiri kokoh diperingkat pertama klasemen. Hingga hari terakhir posisi tersebut tak bergeser dan hal itu mengantarkan Indonesia menjadi juara umum setelah 1987. Hasil ini tidak lain karena perjuangan para atlet-atlet kita yang luar biasa. Mereka berjuang demi bangsa dan Negara ini, dengan semangat yang berkobar mereka mampu menunjukan bahwa mereka pun bisa menjadi yang terbaik. Ya, semoga rasa patriotisme dan nasionalisme selalu tertanam dihati mereka. Sehingga mereka selalu menunjukkan yang terbaik yang mereka miliki.
                   Semoga kebanggaan ini tidak hanya sampai disini. Dalam ajang-ajang berikutnya para atlet Indonesia juga mampu memperoleh kemenangan. Ya kemenangan untuk negara yang akan menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia, BISA !



TULISAN ILMU BUDAYA DASAR

NAMA : CHAERUNNISA UTAMI
NPM : 18511135
KELAS : 1PA04

Tidak ada komentar:

Posting Komentar