Tugas Psikologi dan Tekhnologi Internet Minggu
ke-4
A.
KELOMPOK KERJA VIRTUAL
Pada penjelasan kali ini, akan dibahas mengenai kelompok kerja
virtual. Sebenarnya apa yang dimaksudkan kelompok kerja virtual ? berikut ini
adalah pembahasan selengkapnya.
Kelompok kerja virtual adalah sekelompok orang yang bekerja dalam
sebuah proyek yang umum melalui tekhnologi seperti e-mail, pesan instan,
database bersama. Kelompok kerja virtual diamanatkan oleh kebijakan perusahaan
dan persyaratan kerja.
Kemampuan bersosialisasi yang tinggi dari para professional membuat
mereka mampu membentuk kelompok yang disebut kelompok kerja virtual. Berkumpul dan
membentuk tim saat ada pekerjaan yang harus ditangani. Team kerja virtual
seperti itu hanya bisa dibentuk oleh para profesional yang sudah bertindak
sebagai agen independen untuk dirinya sendiri.
Kemudahan dan keakraban dalam menggunakan
perangkat telekomunikasi menjadi sarana jitu untuk saling menghubungkan
agen-agen tersebut jika suatu saat dibutuhkan. Dalam konteks organisasi,
kelompok kerja virtual ini, yang masing-masing merupakan perpaduan sejumlah
bakan dan keahlian khusus, bisa muncul dan melintasi batas-batas organisasi
konvensional seperti yang terdapat pada perusahaan umumnya.
Team kerja virtual bisa sangat luwes dan
terampil karena memang dipimpin oleh siapa saja yang memiliki keahlian dan
keterampilan yang paling diperlukan dalam penanganan suatu proyek. Bukan oleh
seseorang yang kebetulan menduduki jabatan manager dalam perusahaan. Kelompok
kerja khusus sekarang makin disukai oleh banyak perusahaan. Ini dikarenakan
kemampuan mereka dalam menggali kemampuan-kemampuan yang sebelumnya tersembunyi
dan menjadi muncul ke permukaan melalui acara-acara bebas untuk berbincang dan
bertukar informasi atau gagasan.
Tim Virtual menggunakan teknologi komputer guna menghubungkan
orang-orang yang terpisah secara fisik guna mencapai sasaran bersama.Teknik
tersebut memungkinkan orang saling bekerjasama lewat metode online, kendati mereka
dipisahkan yuridiksi negara bahkan benua.
Sumber Artikel :
10.
Anwar, Arifin.
1984. Strategi Komunikasi : Suatu Pengantar Ringkas. Bandung : Armico
Tidak ada komentar:
Posting Komentar