Jumat, 12 Oktober 2012

INTERNET ADDICTION (KECANDUAN INTERNET)


Dunia maya memang memberikan sejuta kejutan kepada para penggunanya. Dengan akses yang sangat mudah dilakukan, membuat tekhnologi ini digandrungi bahkan menjadi tren dikalangan masyarakat saat ini. Sebutlah berbagai situs atau link yang dapat dengan sangat mudak diakses oleh pengguna, selain itu wabah jejaring sosial kini telah menjadi tren dikalangan masyarakat global. Dengan berbagai kemudahan dan keragaman informasi yang dapat diakses, membuat internet mempunyai daya magis tersendiri. Disamping memiliki banyak manfaat bagi pengguna, namun internet juga memberikan dampak negatif bagi para penggunanya. Dampak negatif internet ini, memberikan kecanduan kepada penggunanya untuk selalu mengunjungi situs-situs yang mereka sukai. Kegemaran untuk selalu berhadapan dengan dunia maya ini dapat dikatakan sebagai “kecanduan internet atau internet addiction”. Mau tahu penjelasan selengkapnya tentang Internet Addiction ? ikuti artikel berikut J

Internet Addiction adalah pola penggunaan internet yang maladaptive yang menghasilkan pengrusakan atau distress secara klinis yang terwujudkan dalam tiga atau lebih kriteria. Internet Addiction merupakan kelainan yang muncul pada orang yang merasa bahwa dunia maya pada layar komputernya lebih menarik dibandingkan dengan kehidupannya sehari-hari.

Kriteria untuk individu yang mengalami Internet Addiction adalah sebagai berikut :

1.   Toleransi, didefinisikan dari beberapa hal berikut : a.) demi mencapai kepuasan jumlah waktu penggunaan internet meningkat secara mecolok. b.) kepuasan yang diperoleh dalam menggunakan internet secara terus-menerus dalam waktu yang sama akan menurun secara mencolok. Dan untuk mendapatkan waktu penggunaan seperti sebelumnya harus menggunakan internet kembali dengan peningkatan yang mencolok.
2.       Penarikan Diri yang khas.
3.       Internet digunakan lebih sering atau lebih lama dari yang direncanakan.
4.       Terdapat keinginan yang tak mau hilang atau usaha yang gagal dalam pengendalian internet.
5.       Menghabiskan banyak waktu dengan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan penggunaan internet.
6.       Kegiatan-kegiatan penting dari bidang sosial, pekerjaan, atau rekreasional diberhentikan karena penggunaan internet.
7.  Penggunaan internet tetap dilakukan walaupun terdapat masalah-masalah fisik, sosial, pekerjaan atau psikologis yang kerap timbul yang kemungkinan besar disebabkan atau diperburuk oleh penggunaan internet.

Berikut ini adalah jenis-jenis internet addiction, yaitu :

1.       Cybersexual Addiction
Yang termasuk kedalam Cybersexual Addiction antara lain individu yang sering mengunjungi situs-situs khusus orang dewasa, melihat hal yang berkaitan dengan seksualitas yang tersaji s secara eksplisit, dan terlibat dalam pengunduhan dan distribusi gambar-gambar atau file-fie khusus orang dewasa.
2.       Cyber-Relationship Addiction
Mengacu pada individu yang senang mencari teman atau relasi secara online. Individu tersebut menjadi kecanduan untuk mengikuti layanan chatroom dan seringkali menjadi terlalu terlibat dalam hubungan pertemanan online atau terikat dalam perselingkuhan virtual.
3.       Net Compulsions
Yang termasuk dalam kategori ini adalah : perjudian online, belanja online dan perdagangan online.
4.       Information Overload
Mengacu kepada web surfing yang bersifat kompulsif
5.       Computer Addiction
Salah satu bentuk dari computer addiction adalah bermain game komputer yang bersifat obsesif.

Internet Addiction memberikan dampak negative bagi para penggunanya. Namun hal ini bukan berarti tidak dapat dicegah. Internet Addiction dapat dicegah dengan membatasi waktu pemakaian internet serta mengetahui dan memahami website-website apa saja yang pantas untuk dikunjungi sesuai tingkatan usia. Apabila pengguna sudah dapat menyeimbangkan dirinya dalam berinternet, dampak kecanduan internet akan bisa diatasi.

Sumber Artikel  
1.       www.mercubuana.com
5.       http://en.wikipedia.org
6.       www.helguide.org
7.       Demetrovic, Zsolt, et.al.2008. The Three-factor Model on Internet Addiction: The Development of Problematic Internet Use Questionnarie
8.       www.netaddiction.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar