Sabtu, 27 Oktober 2012

PENGALAMANKU MENGGUNAKAN INTERNET


Hallo .. namaku Chaerunnisa Utami, saat ini aku sudah duduk dibangku perguruan tinggi. Hmm kali ini aku mau cerita tentang pengalamanku menggunakan tekhnologi internet. Yup, internet sudah menjadi kebutuhan bagi manusia saat ini. Dan pada postingan kali ini, aku mau menceritakan asal mula dan sejak kapan aku mulai mengetahui dan menjadi bagian dari penggunaan internet ini. Yuk kita mulai baca ceritaku ya .. J
Internet .. mungkin kata ini sudah tidak asing lagi bagi para pengguna tekhnologi. Suatu jasa informasi yang memberikan berjuta kemudahan dalam mendapatkan informasi. Tidak terkecuali aku yang juga telah menjadi salah satu pengguna jasa internet.

Asal mula aku mengetahui internet itu dimulai pada saat aku duduk dibangku SMP, walaupun sebenarnya internet mungkin sudah ada sejak aku belum duduk dibangku SMP. Maklum, dulu mungkin bisa dibilang anak seusiaku masih jarang yang diberikan fasilitas komputer dan internet. Pertama kalinya aku menggunakan internet ini adalah disaat terjadinya trend tentang jejaring sosial ‘friendster’ yang kala itu sedang menjadi wabah hangat para ABG saat itu . hehehe J

Yup dan tak bisa dipungkiri, aku juga ikut menjadi salah satu pengikut trend saat itu. Mulainya aku bertanya kepada temanku yang waktu itu sudah menggunakan dan lebih mengerti tentang internet. karena waktu itu masih bisa dibilang ‘GapTek’ alias Gagap Tekhnologi, akhirnya aku meminta bantuan teman untuk membuatkan aku Friendster dan mengajarkan cara menggunakan jejaring sosial itu. Setelah mendapat kursus singkat dari temanku, aku mulai menggunakan internet itu sendiri tanpa didampingi. Ya, mulanya hanya membuka Friendster tapi lama-kelamaan aku menjadi penasaran dengan berbagai link yang bisa kita cari melalui internet. Dan pada akhirnya, aku bisa menggunakan internet dan memasuki alamat URL atau situs yang ingin dikunjungi. Sejak mengetahui itu, aku mulai mencoba belajar mencari informasi tambahan untukku belajar walaupun terkadang suka juga mencari game-game yang bisa dimainkan dikala suntuk.

Kegiatanku menggunakan internet sudah semakin meningkat dan pemahamanku mengenai internet sudah semakin dalam. Menginjak bangku SMA, aku sudah mulai mahir menggunakan jasa internet mencari referensi tugas serta berhubungan denga banyak orang melalui dunia maya. Waktu itu mulai lagi adanya trend baru yaitu Facebook sebuah jejaring sosial yang mungkin lebih memuat banyak aplikasi dibandingkan Friendster. Karena merasa sudah sedikit memahami, akhirnya aku mencoba untuk membuat Facebook itu sendiri dengan mendaftarkan diri. Hasilnya aku berhasil membuat akun Faceboojk dan mulai intens menggunakannya. Setelah Facebook mulai sering digunakan, muncul kembali Twitter dan kembali lagi aku mengikuti trend jejaring sosial itu. Hingga saat ini aku duduk dibangku Perguruan Tinggi, tekhnologi internet semakin menjadi bagian dari kegiatanku. E-mail, Blog, Twitter, Skpe, YM, Facebook dan berbagai macam lainnya kini sudah menjadi bagian dari penggunaan internet yang aku lakukan.

Internet memang sangat mudah untuk diakses, beberapa hal positif yang menurut aku dapat dihasilkan dari penggunaan internet yaitu :
1.       Internet mampu memberikan banyak informasi yang dibutuhkan user .
2.       Internet mampu membantu seseorang untuk berkomunikasi dengan orang lain walaupun orang tersebut jauh bahkan internet mampu menghubungkan user dengan hampir semua belahan dibumi ini.
3.       Internet dapat dijadikan sebagai lahan menghasilkan peluang usaha.
4.       Internet dapat memudahkan user untuk saling berkirim informasi kepada pengguna lain

Internet memang memberikan banyak sekali manfaat, namun tidak bisa ditutupi penggunaan internet juga memberikan dampak negatif bagi penggunanya. Menurut aku ada dampak negatif yang dihasilkan dari internet.
1.    Biasanya ketika pengguna sudah menggunakan internet dan asyik didalamnya, maka akan terjadi lupa waktu karena terlalu mendalam masuk dan sudah merasa asik dengan internet
2.       Internet juga bisa digunakan untuk modus kejahatan
3. Banyak link atau situs-situs yang isinya dianjurkan untuk orang dewasa, tetapi karna mudah diakses tanpa adanya protect dari link tersebut, sehingga anak-anak dapat dengan mudah membukanya.
4.  Internet juga dapat menyumbangkan virus bagi PC kita karena pada saat mendownload sebuah item, biasanya banyak virus yang masuk dan akhirnya masuk kedalam memori PC.

Banyak sekali hal yang bisa ditimbulkan dari penggunaan internet, baik itu positif ataupun hal yang negatif.  Internet memang memberikan banyak kemudahan tetapi tidak dipungkiri berbagai tindakan yang tidak baik bisa hadir dari internet.

Bagiku internet sebagai gudang buku yang canggih yang mampu memberikan banyak pengetahuan tanpa harus membawa buku. Referensi tugas, akun pribadi dan akun sebagai mahasiswa pun sudah menggunakan tekhnologi internet ini. Dalam menggunakan internet, aku juga menerapkan batasan-batasan agar tidak terlalu asik atau memasuki situs-situs yang memang seharusnya tidak dikunjungi. Jadi aku bisa menggunakan internet dengan mudah, aman dan nyaman.

Nah, beginilah sekilas tentang pengalamanku menggunakan internet. kalian juga tentu punya pengalaman masing-masing dalam menggunakannya. Semoga teman-teman semua tetap dapat asik menggunakan internet namun tidak lengah dan tetap waspada dalam menggunakannya. Semoga dengan menggunakan internet teman-teman semua dapat belajar dengan baik ketika mendapatkan suatu informasi. Sekian ya ceritaku, aku juga tunggu cerita dari teman-teman semua .. Aufwidersehen meine Freunde J J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar