Selasa, 08 Oktober 2013

Tulisan 2 : Pengalaman Organisasi (Psi. Manajemen)

Nama : Chaerunnisa Utami
NPM : 18511135
Kelas : 3PA05




Pengalaman Organisasi

            Penulisan kali ini saya akan bercerita mengenai organisasi yang pernah saya ikuti. Dimana didalam pelaksanaan organisasi ini, saya dituntut untuk bisa memanage pekerjaan saya agar tepat dan sesuai pada waktunya. Didaerah tempat saya tinggal, banyak sekali kegiatan masyarakat yang dilaksanakan. Pelaksanaan kegiatan masyarakat ini selalu melibatkan kaum muda sebagai pelaksana acara. Mulai dari acara keagamaan sampai kegiatan masyarakat yang rutin diadakan setiap tahun.

            Kegiatan yang belum lama ini dilaksanakan adalah peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia ke-68. Pada pelaksanaan kali ini, saya terpilih sebagai koordinasi divisi acara. Bukan hal yang mudah untuk menyusun acara peringatan kemerdekaan Indonesia karena saya diharuskan memikirkan dengan matang konsep acara yang akan dibuat agar acara yang ditampilkan dapat menarik minat para penonton untuk hadir pada acara tersebut. Saya mulai menyusun Job Desk apa saja yang akan dilaksanakan oleh para panitia untuk membuat perhelatan akbar peringatan HUT RI. Saya mulai mengatur waktu,hari dan jam yang tepat untuk kegiatan rapat para panitia. Hal ini bertujuan agar pada rapat tersebut seluruh panitia dapat hadir dan mengetahui hasil rapat setiap pertemuannya. Tugas saya tidak hanya membuat bahan diskusi rapat tetapi konsep dari acara itu sendiri. Bersama tim acara, saya membahas konsep acara yang akan digunakan untuk pelaksanaan malam puncak HUT RI. Pertama saya membuat rencana-rencana yang akan dilaksanakan untuk menyambut HUT RI, saya membuat 3 perencanaan sebelum memasuki acara puncak yaitu pagelaran seni. Rencana pertama saya membuat untuk mengadakan acara malam renungan dimalam 17 Agustus. Dalam malam renungan tersebut saya juga menyusun acara apa saja yang akan diadakan, lokasi tempat pelaksanaan, tamu undangan dan hal lain sebagainya. Perencanaan yang saya buat selanjutnya adalah untuk acara ditanggal 17 Agustus, saya kembali menyusun apa saja yang akan dilaksanakan pada tanggal tersebut. 

            Selang sekitar 2 minggu, pekerjaan saya sebagai tim acara semakin cukup padat. Karena tepat 2 minggu sesudah tanggal 17 Agustus, panitia akan mengadakan pagelaran seni yang jatuh ditanggal 31 Agustus itu. Tim acara kembali mengatur waktu dan segala kesiapan untuk acara puncak nanti. Mulai dari dress code yang akan dikenakan panitia, susunan acara atau rundown yang harus benar-benar diperhatikan dengan batas waktu acara yang akan dilaksanakan. Saya dan teman-teman kembali membuat Job Desk sebagai pegangan agar tidak keluar dari tema acara yang akan dilaksanakan. Setelah Job Desk dibuat saya kemudian menginfokan kepada teman-teman panitia yang lain untuk memakai pakaian adat dari seluruh Indonesi mengingat tema yang diusung adalah tentang kebhinekaan. Setelah hal-hal teknis selesai dijalankan, saya kembali mengatur urusan rundown acara. Saya menghitung waktu acara yang akan dilaksanakan kemudian mengatur durasi setiap acara agar tepat waktu dengan batas yang ditentukan. Setelah semua hal tentang acara dimulai, saya kembali mengatur penugasan setiap panitia pada malam puncak. Setiap panitia bertugas sesuai dengan posisinya masing-masing, hal ini bertujuan agar semuanya fokus dan tidak sibuk dengan pekerjaan yang lain. 

            Pada malam puncak seluruh panitia hanya tinggal melakukan briefing dan membereskan hal-hal kecil. Dan pagelaran HUT RI ke-68 berjalan dengan sukses dan lancar.                       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar